9 strategi pemasaran produk untuk wirausaha pemula tahun 2018
"Marketing adalah lomba untuk menarik perhatian orang"
- Seth Godin
memasarkan produk yang
kita jual untuk sampai ke konsumen tidaklah mudah, apa lagi jika kita memiliki
pesaing usaha yang lebih keren dan sudah lama bergelut dengan usahanya, menjadi
wirausaha pemula harus paham strategi pemasaran produk.
kenapa harus paham pemasaran ?
Tentu harus pahamlah sobat.
Jika tidak tau pemasaran
produk kalian akan tertinggal dari pesaing usaha sama seperti saya dulu,
memilih mejadi dropship dan reseller boneka wisuda awalnya kurang paham metode
pemasaran, tapi lambat laun belajar dari blog, ke blog sama yang teman-teman
lakukan alhasil, penjualan meningkat keuntungannya lumayanlah bisa buat beli
coto makassar (makanan khas makassar) 1,2 sampai 4 mangkok, hehehe
Itulah pentingnya
belajar strategi pemasaran.
Jadi apa saja nih strateginya ?
Ada banyak,
Strategi ini ane
simpulkan dari beberapa buku dan kondisi lapangan yang sudah dijalani oleh
wirausaha pemula seperti sobat-sobat.
silahkan disimak 9 strategi pemasaran produk untuk wirausaha pemula di bawah ini:
1. Product Knowledge
Hal pertama yang teman-teman
harus mengerti adalah Product Knowledge atau pemahaman akan produk yang teman-teman
mau jual/pasaran.
Alasanya :
- Teman-teman sebagai penjual harus tau produk yang anda jual misalnya teman-teman menjual kripik bayam kaya gizi, nah teman-teman harus tau, kripik ini terbuat dari apa, kok milih bayam bukan yang lain,kandungan bayam ini apa saja, apa keunggulannya dari produk lain.
Pokoknya sebagai wirausaha
pemula, atau dropshiper dan reseller, harus tau seluk beluk produk apa yang
kalian pasarkan, biar kalau kalau mau menawarkan ke konsumen, pertanyaan apapun
mengenai produk anda, anda bisa jawab ini bisa jadi faktor utama daya tarik
konsumen.
2. Melakukan Riset
Berbeda dengan karyawan yang
bekerja untuk orang lain dan gajian tiap bulan. Menjadi seorang wirasusaha
cenderung memiliki tingkat resiko lebih tinggi dalam menjalankan usahanya, apalagi jika modal yang anda gelontorkan relatif sedikit, Jika anda tidak pintar
dalam mengelolanya, maka usaha anda tidak akan bertahan lama.
Oleh sebab itu, penting bagi
anda untuk melakukan riset pasar. Lakukanlah survey terlebih dahulu sebelum
anda membuat sebuah produk. Apakah produk yang anda buat banyak dicari atau
malah tidak terlalu dibutuhkan oleh para konsumen.
Terkadang banyak orang yang
salah strategi dalam menjalankan usahanya. Karena mereka merasa yakin bahwa
telah membuat sebuah produk berkualitas. Akan tetapi, nyatanya saat dipasarkan
tidak mendapat banyak peminat sehingga ujung-ujungnya produk tersebut tidak
laku.
3.
Pelajari Kebiasaan dan Kebutuhan Konsumen
Setelah melakukan riset
pasar, tentu anda akan mengetahui apa saja produk yang banyak dicari oleh
konsumen. Hal ini akan memudahkan anda dalam membuat produk yang laku keras
dipasaran.
Anda harus jeli melihat
perilaku konsumen karena kian tahun kebutuhan dan keinginan para konsumen terus
mengalami perubahan. Dengan begitu, anda akan memiliki strategi pemasaran yang
efektif dalam meluncurkan produk anda.
Setidaknya ada tiga hal yang
wajib anda pahami tentang konsumen saat ingin memasarkan sebuah produk baru,
antara lain :
- Mengetahui apa saja produk yang
dibutuhkan konsumen.
- Mengetahui apa selera setiap individu.
- Terakhir, bagaimana cara konsumen mengambil keputusan
4. Kenali Kompetitor di Sekitar Anda
Hal lain yang perlu anda
lakukan adalah mengetahui kompetitor atau pesaing. Keberadaan kompetitor jangan
sampai membuat anda minder meskipun brand pesaing anda telah dikenal luas.
Sebaliknya, anda harus memiliki mental yang kuat untuk bersaing dengan mereka.
Seringkali konsumen mencari
produk baru sejenis yang memiliki kualitas sama dan harga yang relatif
terjangkau. Sebaiknya, anda lakukan pengamatan terhadap kompetitor dalam
melakukan strategi pemasaran. Ciptakan inovasi baru dalam melakukan strategi
pemasaran produk baru yang efektif. Sehingga produk anda tidak tenggelam di
tengah persaingan yang telah ramai.
Selain itu, dengan
mengetahui dan mengamati kompetitor anda. Anda akan mendapatkan keuntungan
lebih. Anda bisa melihat kekurangan dan kelebihan brand kompetitor, mendapat
banyak peluang baru yang belum diketahui serta termotivasi untuk mempercantik
produk anda agar kedepannya bisa lebih unggul.
5. Pilih Lokasi yang
Strategis
Dalam strategi pemasaran,
memilih lokasi yang strategis wajib anda perhatikan. Dimana hal ini akan
mempengaruhi terhadap tingkat penjualan produk yang anda buat. Semakin
strategis lokasi yang anda pilih, maka produk anda berpeluang laris dipasaran.
Sebaliknya, jika anda salah dalam memilih lokasi, tentu tingkat penjualan
relatif kecil.
Lalu seperti apa lokasi yang strategis dalam memasarkan produk anda?
Menurut bisnisukm.com,
usahakan untuk memilih lokasi yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup
tinggi namun kompetisi persaingannya rendah.
Selain itu, perhatikan akses
jalan menuju lokasi usaha. Jika mudah dijangkau dengan kendaraan umum, tentu
akan memudahkan konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi untuk berbelanja
ditempat anda.
6. Tunjukkan Kelebihan
Produk Anda
Melakukan riset pasar,
mengamati kompetitor atau pesaing dan pemilihan lokasi yang strategis memang
penting. Namun yang perlu anda utamakan adalah fokus pada kelebihan dan
kualitas produk anda. Jangan sampai hanya karena tidak ingin kalah dengan
kompetitor lain, anda melupakan apa yang benar-benar diinginkan konsumen di
pasaran.
Anda harus mempunyai
strategi penjualan produk baru yang dapat menarik minat konsumen.
memperkenalkan produk baru memiliki banyak resiko. Jika produk anda kualitasnya
jelek tentu akan mengecewakan konsumen. Alhasil jangan heran ketika produk baru
anda sepi peminat bahkan tidak ada yang mau membeli.
Fokuslah untuk meningkatkan
kualitas produk baru anda,jangan takut produk anda tidak laku dipasaran karena
harus bersaing dengan produk lain yang terlebih dahulu menjadi pilihan
konsumen. Jika produk anda memang berkualitas, lamban laun konsumen akan sadar
bahwa produk anda layak untuk dibeli.
7. Lakukan Promosi
promosikan produk anda |
Selanjutnya, hal penting
yang wajib anda terapkan dalam strategi pemasaran produk baru adalah promosi.
Sebagus apapun produk anda, tanpa pomosi yang efektif. Konsumen tidak akan
mengetahui produk anda. Susun strategi sebaik mungkin agar produk anda terlihat
menarik saat diperkenalkan ke masyarakat luas.
Banyak jenis promosi yang
bisa anda lakukan. Bisa dengan membuat brosur, spanduk atau mengiklankan
ke koran. Selain itu, berikan promosi yang menarik minat konsumen seperti
menawarkan produk dengan harga murah, diskon, memberikan bonus ketika konsumen
membeli lebih dari satu dan lain sebagainya.
Banyak manfaat yang bisa
anda dapatkan setelah melakukan promosi. Jangan takut merugi karena memberikan
harga murah kepada konsumen. Ingat, pengorbanan anda tidaklah sia-sia. Produk
baru anda akan semakin dikenal masyarakat dan yang terpenting tentu saja penjualan
anda akan semakin meningkat.
8. Maksimalkan Media Online
Sekarang ini internet
menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Anda sebagai seorang
wirasusaha harus jeli melihat peluang ini. Anda bisa merancang strategi
pemasaran lewat internet. Telah banyak produsen yang menikmati keuntungan
berkali-kali lipat dengan memanfaatkan media daring tersebut.
Anda bisa menjual produk
baru anda via jejaring sosial seperti facebook, twitter, instragram, whatshap,
line dan lain sebagainya. Selain itu ada banyak situs jual beli online yang
siap kapan saja anda gunakan sebagai tempat untuk menjual produk anda. Jika
anda memiliki modal lebih, membayar orang untuk membuat blog tentu akan semakin
efektif. Anda dapat menuliskan keunggulan dan kualitas produk anda di blog.
Sehingga masyarakat akan semakin tertarik untuk membeli produk anda.
9. Berikan Pelayanan Terbaik
Ketika anda telah terjun
didunia bisnis, apalagi yang langsung berinteraksi dengan konsumen. Pelayanan
terbaik harus anda tunjukkan pada siapapun yang tertarik dengan produk anda.
Buat pelanggan anda puas dengan produk maupun pelayanan anda. Anggap saja bahwa
setiap konsumen adalah raja, yang harus anda layani dengan baik. Jangan
sekali-kali anda mengecewakan konsumen.
Telah banyak kasus beberapa
pengusaha kecil menengah yang menjual suatu produk yang memiliki kualitas bagus
dan murah namun pengunjungnya sepi karena pelayanan yang kurang ramah. Oleh
sebab itu, memberikan pelayanan terbaik menjadi kredit poin tersendiri agar
pelanggan betah bolak-balik untuk membeli produk anda.
Sebenarnya melakukan strategi pemasaran produk baru tidaklah sulit. Cobalah beberapa tips diatas untuk mengembangkan usaha anda. Jika anda menerapkannya dengan baik, produk apapun yang anda tawarkan pasti dapat terjual sesuai dengan yang anda inginkan.
9 strategi pemasaran produk untuk wirausaha pemula tahun 2018
Reviewed by Ojiedu
on
January 06, 2018
Rating:
Thanks
ReplyDelete