Header AD

header ads

kisah inspiratif penerima beasiswa bidikmisi 'Anak Petani Tambak'

semoga kakak-kakak dalam keadaan sehat, kali ini ada cerita inspiratif dari penerima beasiswa bidikmisi program sarjana, salah satu kampus ternama bidang perikanan di kota makassar. berikut ceritanya 


bidikmisi
Saya Najamuddin memilih prodi Akuakultur sejak tahun 2014 di Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar, berasal dari keluarga yang berlatar belakang pekerjaannya sebagai petani tambak menjadikan saya memilih untuk melanjutkan pendidikan di kampus tersebut.



Dulu saya berpikir tidak ada jaminan seorang sarjana mudah mendapatkan pekerjaan 
 alhasil tamat dari Madrasah Aliyah, sayapun memutuskan bekerja di salah satu perusahaan kabupaten pangkep selama empat bulan, resign dari pekerjaan yang satu saya mencoba bekerja lagi di koperasi, pada saat bekerja itulah saya merasakan beratnya pekerjaan jika pendidikan kita rendah.

Sejak saat itu saya memutuskan ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Dengan tekad yang kuat akhirnya saya mendapatkan informasi salah satu kampus di kota makassar yang berfokus di bidang perikanan dan kelautan yaitu STITEK Balik Diwa Makassar, sayapun tertarik dengan pertimbangan bahwa saya berada ditengah kehidupan Petani Tambak.

Saya berpikir jika saya melanjutkan pendidikan di kampus tersebut ilmu yang Saya dapatkan bisa langsung saya aplikasikan. selanjutnya saya mencari informasi lengkap mengenai jalur pendaftaran masuk dan info beasiswa  di kampus STITEK Balik Diwa. 

Akhirnya saya mendapatkan informasinya dari keluarga yang juga kuliah di kampus itu. mulailah saya melengkapi berkas yang di butuhkan untuk pendaftaran dan mempersiapkan kelengkapan beasiswa. Pada saat itu saya mengurus beasiswa`BIDIKMISI dengan harapan jika lolos saya bisa mengurangi beban orang tua untuk biaya selama kuliah, terlebih lagi saat itu bapak dalam kondisi sakit.

Teringat jelas kala itu sebelum berangkat untuk mendaftar dengan semangat berapi-api saya meminta izin kepada kedua orang tua untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan Alhamdulillah setelah mengikuti serangkaian tes masuk, akhirnya saya di terima di STITEK Balik Diwa Makassar dan lolos  sebagai penerima beasiswa Bidikmisi.
apa yang istimewa dari bidikmisi ?
yang istimewa dari bidikmisi adalah tingkat peminat yang tinggi dan paling dicari oleh mahasiswa kurang mampu seperti saya ini, tetapi berkeinginan besar melanjutkan perkuliahan baik di PTN maupun PTS yang ada di indonesia, 

berkat bidikmisi saya bisa kuliah, saat ini saya mahasiswa aktif semester tujuh. Saya merasakan betul manfaat mendapatkan beasiswa, tidak hanya mengurangi beban orang tua, juga sebagai motivasi mencapai cita-cita. sebagai penerima bidikmisi, kita diharapkan untuk fokus menimbah ilmu dan memanfaatkan sebaik mungkin apa yang diberikan pemerintah kepada kita.

meskipun tidak pintar-pintar amat, amat saja belum tentu pintar 😊 ada beberapa hal yang saya lakukan sebagai wujud pertanggung jawaban saya sebagai penerima bidikmisi :
  • rajin mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan tugas tepat waktu, 
  • sebagai penerima bidikmisi saya tetap mengambil peran bidang organisasi, organisasi yang saya ikuti sampai saat ini, aktif di Senat Mahasiswa, UKM Mapala, dan Resimen Mahasiswa STITEK Balik Diwa Makassar
menjabat sebagai sekertaris umum di senat  mahasiswa  memberikan banyak pengalaman bagi saya pribadi. Karena, bagi saya belajar bukanlah semata-mata duduk di kelas mendengarkan dosen menjelaskan mata kuliah tetapi belajar juga  kita dapatkan dalam berorganisasiPengalaman yang saya dapatkan di organisasi melatih saya untuk berani tampil berbicara di depan umum, melatih kepemipinan dan jiwa kritis sebagai mahasiswa. 

modal berorganisasilah memberanikan saya maju sebagai Kordinator Desa pada saat KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Pulau Sembilan Kab. Sinjai dan Alhamdulillah saya terpilih menjadi Kordes. menjadi kordes saya belajar banyak hal mulai dari memimpin forum, berbicara di depan aparat desa, masyarakat desa sampai bagaimana cara mengatur anggota KKN yang memiliki karakter dan watak yang berbeda.Hal ini tentu tidak mudah tapi dengan keinginan untuk mencari solusi dalam mengatasi masalah yang di hadapi membuat hal itu menjadi mudah.

selain itu, saya juga terpilih menjadi Ketua kelompok budidaya mina air payau di tambak milik kampus memberikan Saya pengetahuan tentang pengelolaan tambak dengan baik, dan menjadi contoh bagi masyarakat sekitar tambak kampus yang berlokasi di Kabupaten Pangkep.
besar harapan saya, ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat kepada masyarakat sekitar dan mengatasi masalah petani tambak yang hasil produksinya tiap tahun menurun.
kontribusi lainnya juga saya lakukan giat dan aktif mensosialisasikan potensi kelautan dan perikanan ke anak SMA selama dua tahun ini. Keliling sekolah yang ada di Sulawesi Selatan sudah saya lakukan dan memberikan banyak pengalaman dan pengembangan pengetahuan.

Inilah yang mendasari saya bisa berkunjung ke Institut Pertanian Bogor (IPB) demi menambah ilmu di sektor kelautan dan perikanan sekaligus mendampingi para kesatria balik diwa mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional.
beasiswa bidikmisi
Bersama Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan berkunjung ke kampus IPB

dalam bidang penelitian, saya juga aktif mengikuti lomba KTI, PHBD, dan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) yang tiap tahun di adakan oleh Direktorat  Perguruan Tinggi (DIKTI) demi  menambah pengetahuan dalam penulisan karya  tulis ilmiah, kadang kala pula saya ikut menjadi anggota dalam penelitian dosen demi menambah ilmu, hitung-hitung sebagai persiapan untuk penelitian SKRIPSI nanti. Kan sudah semester tujuh, Hahahaha…….

Support dari keluarga dan sahabat menjadi motivasi terbesar untuk mencapai semua yang Saya cita-citakan. Prestasi yang saya dapatkan selama ini, saya rasa masih belum cukup untuk membuktikan bahwa saya layak mendapatkan beasiswa bidikmisi tapi semuanya itu memotivasi saya untuk terus berprestasi baik dalam dunia akademik maupun keorganisasian. 

Karena bagi saya sukses bukanlah tujuan akhir, banyak tantangan yang sudah menanti dan itu harus saya siapkan mulai dari sekarang, belajar dan terus belajar adalah hal wajib bagi saya sebagai seorang mahasiswa.Harapan saya suatu saat saya akan membuktikan bahwa anak seorang petani tambak penerima beasiswabidikmisi bisa menjadi orang besar dan sukses. Karena Saya yakin “nothing is impossible” kalau kita mau berusaha pasti bisa. 

resolusi saya semoga saya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi nantinya, besar harapan saya untuk bisa berburu beasiswa lanjutan program magister, terima kasih buat kampus tercinta STITEK Balik Diwa Makassar serta Pemerintah dengan bantuan beasiswanya saya bisa seperti ini.

sekian dan terima kasih



Artikel Terkait :
  1. Beasiswa LPDP
  2. Tips and Trik Seleksi Subtansi LPDP

jika berkenan mohon artikel ini di share agar memberi manfaat lebih banyak kepada orang lain.



kisah inspiratif penerima beasiswa bidikmisi 'Anak Petani Tambak' kisah inspiratif penerima beasiswa bidikmisi 'Anak Petani Tambak' Reviewed by Ojiedu on January 04, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads